8 Mei 2020

Menjaga Imunitas Tubuh Mama dan Anak Selama Pandemi & Ramadhan


Hallo..
Apa kabar?
Masih semangat #dirumahaja? Apa mulai terbiasa? 
Daripada bosen bebenah dan bingung mau ngapain, mending ikut kelas-kelas online, lumayan banget nambah ilmu baru. 

Jadi, tanggal 2 Mei 2020 saya mengikuti kuliah whatsapp alias KulWap yang di adakan oleh Mams ( Mama anak Makin Seru by  travelokaxperience ) dan klikdokter.
Yang membahas tentang Menjaga Imunitas Selama Pandemi dan Ramadan*, yang  disampaikan oleh *dr Devia Irine Putri* dari *KlikDokter*

Pernah dengar KlikDokter? Itu loh aplikasi layanan konsultasi gitu. Konsultasinya itu via chat dengan dokter yang aktif selama 24/7, dan juga dilengkapi ragam info kesehatan lainnya seperti artikel, booking klinik, dan berbagai layanan lainya.


Menurut Dr. Devia Irine Putri, kunci agar daya tahan tubuh tetap baik adalah dengan mencukupi asupan nutrisi setiap harinya, istirahat cukup, olahraga, menjaga kebersihan, dan jangan lupa berjemur.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yaitu :

1. Makan Secara Teratur
Jangan lewatkan makan saat jam sahur dan berbuka. Dalam makanan si Kecil harus ada sumber karbo (nasi,kentang, oat, ubi), protein(ikan,tahu, tempe,kacang2an), lemak (daging, susu) dan vitamin/mineral (sayuran,buah)


2. Asupan cairan cukup

Konsumsi air putih 2 Liter dalam sehari atau setara dengan 8 gelas dalam sehari (gelas ukuran 230ml).
Untuk bayi dibawah 6 bulan, tetap berikan ASI eksklusif.


3. Tetap aktif
Salah satu menjaga kesehatan tubuh adalah dengan olahraga karena olahraga menghasilkan hormon endorfin yang ikut berperan dalam membentuk daya tahan tubuh.

Karna sedang pandemi seperti ini, olahraga yg disarankan seperti berlari/jogging, sepeda, zumba dan yoga di rumah. Kalau memang mau berlari dan bersepeda terapkan physical distancing.
Untuk anak - anak, berdasarkan dengan usianya. Bisa dengan tummy time, lompat tali, berlatih keseimbangan, dll

4. Berjemur
Mengambil matahari sebagai sumber vitamin D alami untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Vitamin D berfungsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu selama maksimal 15 menit di bawah jam 10.00


5. Istirahat
Tubuh juga membutuhkan waktu untuk berisitirahat. Waktu istirahat inilah tubuh memperbaiki sel - sel yang rusak, mengoptimalkan fungsi tubuh lainnya sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.




6. Jaga kebersihan
Tentunya harus jaga kebersihan agar tetap sehat. Yang bisa pasti harus cuci tangan berkala ya. Karena kita sering menggunakan tangan dan hindari juga menyentuh area wajah. Bisa juga membersihkan perabotan rumah yang sering di pegang dengan disinfektan buatan sendiri.


7. Imunisasi
Untuk anak usia 18 bulan kebawah rekomendasi dari IDAI tetap wajib mendapatkan imunisasi dasar. Selain karena daya tahannya belum sempurna, imunisasi dasar berguna untuk mencegah penyebaran penyakit yg berbahaya.
Jika memang kondisi tidak memungkinkan utk keluar rumah, Imunisasi ini bisa ditunda maksimal 1 bulan.



Di Kulwap ini saya jadi tau kalau ternyata pemberian vitamin tambahan itu tidak wajib di berikan setiap hari, hanya untuk anak dengan kondisi tertentu. Seperti misalnya sedang sakit jadi makannya susah, gizi kurang (di lihat dari grafik BB nya tidak baik), punya autoimun, punya penyakit kronik pada saluran nafas maupun saluran cerna (asma, iritable bowel disease /gangguan penyerapan di usus)


Lalu jika anak kelebihan vitamin apakah berbahaya?
Menurut Dr. Devia kelebihan vitamin tidak sampai mengganggu tumbuh kembang anak. Tetapi, hampir semua obat yang masuk ke dalam tubuh tentu akan di ekskresikan / di keluarkan lewat air kencing (prosesnya melalui ginjal) atau dimetabolisme di hati. Jadi kedua organ ini perlu bekerja lebih keras karena mengeluarkan sisa-sisa atau kelebihan vitamin yang tidak terpakai. Selain itu ada beberapa efek samping yg mungkin muncul ketika mengkonsumsi vitamin seperti alergi, gangguan pencernaan(paling sering), sakit kepala.

Dr. Devia juga menjelaskan tentang perbedaan Vitamin Imunitas dengan Multivitamin & perbedaan Probiotik dengan Prebiotik. 

Perbedaan Vitamin Imunitas dengan Multivitamin
 
Vitamin Imunitas itu biasanya isinya vitamin c atau ada zat penunjang lainnya yang bersifat sebagi imune booster. Sedangkan Multivitamin itu biasanya gabungan vitamin dan mineral. Jadi tidak harus di konsumsi keduanya, bisa salah satu saja. Tapi penggunaannya tidak wajib tiap hari, bisa ditambahkan kalau merasa tidak enak badan, merasa kelelahan, atau asupan makanan tidak tercukupi dg baik. 

Perbedaan Probiotik dengan Prebiotik

Prebiotik adalah senyawa atau zat yang mengandung serat tinggi untuk memberi asupan bakteri baik di saluran pencernaan. Sedangkan Probiotik berguna untuk memelihara kesehatan saluran cerna karena mengandung mikroorganisme hidup yang baik dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
Umumnya penggunaan probiotik berguna utk membantu mempercepat pemulihan infeksi saluran cerna/diare. Penggunaan probiotik maupun prebiotik aman digunakan dalam jangka panjang. Namun ada beberapa laporan yang mengatakan ada efek samping yg bisa muncul jika penggunaannya lama (>4minggu) seperi perut kembung, diare, kram perut. Namun ini masih butuh penelitian lebih lanjut lg. 

Untuk penggunaannya sama dengan vitamin tidak wajib, probiotik alami bisa di dapatkan dari sumber makanan seperti yougurt, miso, tempe, produk susu.


8 komentar:

  1. Wahh makasih banget sharing resume kulwapnya mom ajeng. Aku beneran ga nyimak nih kulwap yg ini.. 🙈

    BalasHapus
  2. Penting banget sih ini ilmunya. Terima kasih udah berbagi resumenya mom

    BalasHapus
  3. Thank you mommy sudah mau sharing. Aku ga ikutan kelasnya tp bisa baaca dari tulisan kamu yeaay 😘😘😘

    BalasHapus
  4. Kulwapnya MAMS emang selalu bagus topiknya, pas banget sesuai yg moms butuhkan. Kemarin ga ikutan tp jadi banyak belajar dari sharing ini mom

    BalasHapus
  5. Waah Aku baru tau, kalau kelebihan vitamin malah membuat beban kerja Hari jadi ekstra ya. Oke noted

    BalasHapus
  6. Menjaga imunitas emg penting banget nih. Apalagi di saat swperti ini. Duh. Semoga kita sehat semua ya,aamiin

    BalasHapus
  7. Thank you mom. Atas sharing ilmu tips menjaga daya tahan tubuhnya. Sangat informatif.

    BalasHapus
  8. Bener banget mom meningkatkan daya tahan tubuh dgn makanan bergizi itu lebih penting dan multivitamin dikonsumsi klo daya tahan tubuh lg turun

    BalasHapus